Sebuah artikel yang saya tulis pada tanggal 19 April lalu di kanal sepakbola Kompasiana dalam rangka menyikapi tuntutan sejumlah klub Divisi Utama LPIS untuk mendapatkan jatah promosi agar tetap mempunyai peluang bergabung dengan Liga Super Indonesia (LSI) musin 2013/2014 nampaknya menjadi inspirasi sejumlah klub tersebut.

Entah ada kolerasi atau tidak sesaat setelah tulisan tersebut di muat di Kompasiana muncul wacana dengan ide persis seperti artikel yang saya tulis dari manajemen PSS Sleman, dan akhirnya ditindaklanjuti dengan pertemuan sejumlah klub DU LPIS di Kota Solo Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu.

Akhirnya wacana itu sepertinya benar-benar menjadi kenyataan setelah PT LPIS dan Klub-Klub Yang berlaga di Indonesian Premier Lague (IPL) melakukan pertemuan membahas pembagian 4 jatah univikasi liga 2013/2014.

Berdasarkan informasi yang beredar (belum dikonfirmasi) di berbagai forum diskusi sepakbola baik di tweeter maupun Facebook LPIS memutuskan jatah klub yang akan mendapatkan penggabungan liga adalah terdiri dari 2 Klub teratas IPL kasta tertinggi, 1 klub dari juara DU IPL dan 1 jatah akan diperebutkan oleh peringkat 3 IPL kasta tertinggi dan runner up DU.

Usaha dan perjuangan yang dilakukan oleh klub DU tersebut layak kita apresiasi, tanpa mengkerdilkan peluang yang diberikan oleh LPIS namun tanpa perjuangan yang dilakukan oleh klub-klub tersebut rasanya akan mustahil akan tersealisasi, karena seperti yang kita lihat selama ini kinerja yang dilakukan oleh LPIS lebih bersifat menunggu.

Kita berharap dengan solusi yang didapatkan oleh klub DU ini, LPIS lebih serius lagi mengelola kompetisi kasta ke dua ini, tidak ada alasan lagi bagi klub DU ogah-ogahan bertanding dengan alasan tidak mempunyai peluang promosi, dan tindakan-tindakan walk over (WO) yang dilakukan oleh sejumlah klub tanpa merasa berdosa segera ditindak.

Selain itu guna mengsinkronkan jadwal liga 2013/2014 yang direncanakan oleh operator PT. Liga Indonesia pada akhir Oktober diharapkan LPIS untuk menerapkan zero tolerance terhadap klub-klub yang tidak sanggub melaksanakan pertandingan.

 

source : olahraga.kompasiana.com

Tinggalkan Balasan

About NewsPSS

Memberikan informasi tentang PSS